Senin, 09 Januari 2012

Roast Chicken

Photobucket


Saya itu penggemar berat Ayam,, mau di olah seperti apa juga kayak nya suka,, tapi lucu nya takut banget sama ayam hidup, hehehehe,,, Salah satu yang jadi favorit saya itu adalah Roast chicken,, tapi saya suka yang kaya bumbu ngeresep sampe ketulang-tulang nya,,

Saya dapet resep ini dari temen saya dan setelah mengalami banyak modifikasi ala saya,, resep ini mulai jadi favorit saya dan keluarga,,,

Bahan-bahan nya emang sedikit aga banyak,,, tapi saya suka sama warna cokelat dari si ayam ini,, karena nggak terlalu suka saya kulit yang krispy jadi saya cuma memanggang si ayam selama 1 jam saja,, heheheh,, kalo ada yang mau kulit nya krispy bisa panggang sampai 2 jam.


Bahan-Bahan:

1 ekor ayam (disini saya pake 3 paha ayam + setengah ayam)

Bahan rendaman
1/4 cup soy sauce (buat yang suka aga asin bisa pake 1/2 cup)
3 sdm olive oil
6 buah bawang putih, parut kasar
1 sdm lada
2 sdm Italian herbs (saya pake oregano dan rosmary)


2 buah bawang bombai (saya pakai bawang merah import yang besar-besar biar cantik)
4 buah kentang (sikat kulit, cuci dan potong jadi 6)
1 buah wortel potong panjang
2 sdm gula pasir

what to do...
1. Campur semua bahan campuran,, kemudian rendam ayam, lumuri semua permukaan ayam secara merata,, simpan dalam kulkas semalaman

Keesokan hari nya,,,
Panaskan oven 180 derajat selama 10 menit

2. Tiriskan ayam , atur di dalam pyrex, taruh juga wortel, kentang dan bawang,, taruh sebagian bawang di bawah ayam (jika memakai ayam utuh, masukan bawang ke dalam rongga ayam).
3. Masak bumbu rendaman sampai mendidih kemudian beri gula dan masak hingga menyusut
4. Olesi ayam dengan bumbu rendaman,, begitu juga dengan kentang, wortel dan bawang.. Panggang selama 30 menit
5. setelah 30 menit, balikan ayam, kemudian olesi lagi dengan bumbu rendaman, siram bumbu sisa ke dalam pyrex,, Panggang lagi selama 30 menit.

seperti yang saya bilang, jika ingin hasil kulit yang krispy bisa panggang lagi selama 1 jam,,,

Sajikan ayam dengan menggunakan saus sambal..

Selamat mencoba

Oia, next saya pengen nyoba bikin pake Happy call,,, setelah saya pikir-pikir kayak nya bisa deh,, pake api yang super kecil,,,

Photobucket


Photobucket


Photobucket

1 komentar:

  1. aah coba deket bun, aku mo pesen yg kayak beginih...drooling tp pasti gagal masaknya

    BalasHapus