Senin, 31 Januari 2011

Klepon

Salah satu Jajanan enak yang saya suka. Sensasi gula merah yang meleleh di mulut pas di gigit rasanya enak banget. Saya suka kalo gula merah nya banyak, yang makan nya bisa sampe belepotan kemana-mana. Dengan taburan kelapa parut makin bikin si kelepon ini enak banget, perpaduan antara manis dan asin jadi satu.

Saya suka pake peresan air pandan, kalau ada daun suji juga bisa. Kalo pake pandan saya suka bau wangi nya. enak banget deh.


Photobucket

ini dia resep nya, lumayan mudah di buat.

Bahan-bahan
500 gr Tepung beras ketan
500 ml Air suji/Pandan (hangat)
2 sdt air kapur sirih
2 sdt garam
200 gr gula merah (potong-potong kecil untuk isi)
1 butir kelapa parut (kukus dan beri sedikit garam)

Cara mbikin nya :
1. Campur semua bahan kecuali gula merah dan kelapa.. aduk hingga dapat dibuat adonan
2. Selagi membuat klepon, didihkan air
3. Ambil sedikit adonan kemudin isi dengan gula merah yang sudah di potong kecil-keci, kemudian tutup dan bentuk bulat, lakukan hingga adonan habis
4. Masukan adonan kelpn ke dalam air yang didihkan,, kalo si adonan sudah mengapung tanda nya sudah matang,, angkat dan tiriskan
5. Gulingkan klepon yang sudah matang pada kelapa yang telah di kukus

naaahhh,, jadi deh,, gampang toooh,, bisa di coba loh resep nya...

Photobucket



Note:
kalo nggak ada daun sujii atau pandang, bisa di ganti dengan pasta pandan,, campurkan pasta pandan pada adonan,, secukup nya sampai di hasilkan warna yang di inginkan

air kapur sirih juga bisa di hilangkan,, tapi memang pas di makan aga-aga gimanaaa gitu,, hehehee

2 komentar:

  1. saya sudah coba resepnya mbk, hasilnya ok. tp saya mau tanya pesan cupnya dmn ya, kleponnya terlihat lebih cantik kalo pakai cup itu... mohon infonya... trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah mau coba resep nya
      saya beli paper cup nya di Toko bahan kue Titan di Fatmawati,,, atau di Titan kelapa gading.
      di Toko Ani gunung sahari 1 juga ada

      Hapus