Selasa, 24 April 2012

Japanese Melon Pan

 Photobucket
 
Waktu itu liat di Path nya Mantan Calon ade Ipar saya yang tinggal di Jerman,, yang hobby banget nge-Path in Foto-foto makanan bikin saya kelaperan terus, hehehe.. dari salah satu foto makanan yang dia posting salah satu nya si Melon Pan ini. dan karena waktu itu Icha bilang "Ayo mba anthie coba bikin",, jadi lah saya tertantang untuk nyoba bikin si Melonpan ini.

Pan sendiri dalam bahasa Jepang arti nya Roti. Awal nya saya kira ini roti rasa melon,, ternyata kenapa di bilang melon karena motif atas nya itu mirip kulit melon.

Ini saya bikin rasa yang Original,, Percobaan pertama yang sukses berat. Besok-besok mau saya kasih Filling sama pengen coba rasa Green Tea setelah abis posting foto ini di Path, icha nambahin bilang "bikin rasa lain dong mba"... anak kecil ini *pentung*.

Ini resep yang menurut saya paling gampang,,

Bahan Roti:
300 gram terigu protein tinggi ==> saya pakai Cakra
30 gram gula halus
6 gram Ragi
6 gram susu bubuk
1/2 sdt garam
200 gram (pastikan gram ya bukan cc) air hangat
30 gram butter

Bahan Cookies:
80 gram butter
80 gram gula halus ==> besok-besok mau saya kurangin,, karena tadi terlalu manis buat saya
80 gram telur ==> saya pakai 2 kuning telur dan 1 putih telur, kocok lepas
Vanilla essence
200 gram terigu serba guna  ==> saya pakai segitiga biru


What to do?
Kita buat adonan roti terlebih dahulu.
1. di dalam wadah, campur terigu, ragi, susu, garam, gula, aduk-aduk, kemudian beri air sedikit demi sedikit, sambil terus di ulen.
2. Masukan Butter, uleni kembali sambai benar-benar kalis,, ini sekitar 20 menit. Setelah itu simpan adonan sambil di tutup kain/plastik, diamkan selama 1 jam,, atau sampai mengembang 2 kali nya.

Sambil menunggu adonan roti, kita buat adonan Cookies...
3. Kocok Butter dan gula, sampai tercampur rata,, kasih vanila,, kemudian masukan telur sedikit demi sedikit, setelah tercampur, matikan mikser.
4. Masukan terigu, aduk menggunakan spatula.
5. Bagi adonan menjadi 12 bagian,, kurang lebih 35-40 gram tiap adonan
6. Simpan di dalam kulkas selama 15-20 menit.

Setelah 1 jam... Panas kan Oven
7. Pukul adonan roti, biar gas yang ada di dalamnya keluar.. Bagi adonan menjadi 12, sekitar 45 gram tiap adonan,, bulat kan adonan sampai permukaan nya mulus
8. Ambil adonan Cookies,, pipihkan dengan dialaskan plastik,, ambil adonan roti, letak kan di tengah adonan cokies, kemudian bungkus adonan roti dengan adonan cookies.. lakukan hingga baan habis.
9. Tata di dalam loyang adonan Melonpan,, kemudian beri guratan menggunakan pisau,, saya menggukana Cookie cutter berbentuk bunga untuk mengganti guratan nya.
10. Panggan selama 20 menit sampai kecoklatan

Voila,,, jadi deh.
Seneng bisa bikin si MelonPan ini, hohohoho
Photobucket



 Photobucket

Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar