Senin, 30 April 2012

Sesame Dinner Rolls

Photobucket

Lagi kerajingan bikin Roti nih... (sekalian melatih otot tangan). Karen sukses dengan percobaan bikin si Melon Pan kemaren,, jadi penasaran pengen nyoba bikin roti-roti lain nya. Kali ini bikin yang lumayan gampang dulu,, Bikin Dinner Rolls aka roti sobek (ech bener ga sih?).

Saya pake terigu serba guna di resep ini. soalnya lagi nggak punya terigu yang untuk roti (biasa nya merk yang cakra nya bogasari).. kunci nya di pemasukan Ragi ,, jadi si Ragi di rendem dulu sama air anget. Walau tangan pegel-pegel karena harus ngulenin si roti ini,, tapi liat hasil nya yang empuk, menul-menul, bikin saya ketagihan bikin si roti. Next bikin roti tawar atas request si mba Sum.

Ini Resep tanpa mikser ya,, (yiaaaayyyyyy)

Ini resep nya ya..

1 Cup air hangat
7 gram ragi
1 cup gula halus => Rasa roti ini walau sudah dengan 1 cup gula masi aga tawar, jadi jika ingin membuat roti sobek manis bisa kasih 2-2.5 cup gula
2 sdm mentega cair
1 telur
1/4 sdt garam
520 gram terigu serba guna
biji wijen

What to do
1. Campur ragi dengan air hangat, sisihkan
2. Di dalam wadah, cmapur, gula, mentega cair, telur dan garam, aduk rata hingga tercampur
3. Masukan terigu ke dalam adonan telur, aduk dengan spatula
4. Masukan Ragi yang sudah di cairkan kedalam adonana, kemudian ulenin adonan dengan tangan, sampai kalis (saya sampe di banting-banting saking pegel nya tangan), kemudian bulatkan, simpan dalam wadah, olesi atas nya dengan mentega cair, tutup wadah dengan kain yang basah, diamkan selama 1 jam

5. setalah satu jam, dan adonan mengembang, pukul adonan hingga mengempis.. kemudian bagi-bagi adonan (kemaren saya bagi jadi 18, tapi masih kebesaran jadi nya si roti)

6. siapkan loyang, olesi dengan minyak , susun adonan roti di dalam loyan (kemaren saya pake loyang bulet +  wajan teflon diameter 20 cm, 1 loyang isi 9 roti), tutup loyang dengan plastik cling wrap, diamkan selamat 40 menit.

Panas kan Oven

7. Setelah 40 menit dan roti mengembang,, olesi permukaan nya dengan mentega cair, kemudian taburi dengan biji wijen

8. Panggan selama 15-20 menit hingga kuning kecoklatan.

Jadi deh..

Karena in rasa nya aga tawar, bisa di makan sambil di cocol ke selai...

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar