Minggu, 15 November 2009

Maksuba

aduuww,, ini utang resep sama mba Rosa, dari beberapa bulan yang lalu (maafkaaaann aku ya mba),,, Mba Rosa minta di Share resep kue Maksuba..

Maksuba ini kue khas palembang yang rasanya aduhaaai manis nya,,, diriku sendiri sih nggak terlalu suka,, tapi di rumah kue ini jadi primadona setiap ada acara-acara. 

Waktu nikah 1 tahun yang lalu, sampe bikin beberapa loyang,,, Tadi udah ubek-ubek laptop,, tapi nggak nemu juga foto nya,,, jadi resep nya aja ya,,,, nanti kalo bikin lagi, foto nya di taro deh,,

yuk,yuk di coba,, ini resep dari keluarga besar nya si Mama di Palembang sana...

Oia,, kue ini beneran amat sangat maniiisss, jadi di sarankan,, abis makan si maksuba ini,, langsung olah raga ya, hehehehe

Bahan-bahan

25 telor (lebih enak kalo pake telor bebek yaa)

1 kaleng Susu kental manis

250 gr gula pasir (di resep asli 400 gr, tapi itu terlalu maniiiis)

250 gr mentega ( di tim cair kemudian dingin kan)

1/2 sdt

1 sdt Vanila (boleh bubuk atau vanila batangan,, tapi vanila batangan lebih wangi)

Cara bikin

Siapin loyang persegi, oles dengan mentega beri kertas roti oleh lagi dengan mentega, sisihkan

Kocok telur dan gula sampai menyatu,

Masukan 1 kaleng susu kental manis, aduk rata menggunakan spatula

kemudian masukan mentega cair, garam dan vanila, aduk kembali

Tuang adonan ke dalam cetakan, jgn terlalu banyak, karena maksuba ini berlapis-lapis,, kurang lebih 200 ml..

Kemudian panggang dengan suhu 160 derajat selama kurang lebih 15 menit atau sampai 1/2 matang

kemudian olesi permukaan nya dengan mentega dan tuang lapisan berikut nya (kurang lebih 200 ml), panggang kembali dengan api atas,,

Lakukan sampai adonan abis,,,,

yaaahhh jadi deh,,, 

kalo mau makan kue ini,, motong nya jangan besar-besar ya,,, karena manis banget, jadi sayang kalo ga abis, dan sediakan teh anget tawar untuk teman makan nya, hehehehehe

Selamat mencoba,,,

3 komentar:

  1. loyang ukuran brp?..

    BalasHapus
  2. apa aja makanan khas PALEMBANG ?

    BalasHapus
  3. Yeaayy suka bgt sm maksuba tante...tiap x ada acara dr keluarga palembang pasti ini selalu ada..dan empe2nya..hihii..klo beli mahal yaa..malah di bandung kayanya ga ada yg jual..aq mau coba bikin sendiri deh...skrg lg proses ppelangsingan..lebaran pasti gendut lg makan maksuba.. Hihiii

    By. Nyayu penny

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini