Rabu, 26 Januari 2011

Sayur Lodeh

Sayur lodeh, salah satu sayur Favorite saya. Mirip-mirip sama sayur asem, tapi yang ini pake santen. Rasanya manis gurih, pokok nya enak deh.

Ini resep dari mama saya, kadang suka di kasih daging tetela buat campuran isi nya. Tapi saya pribadi nggak terlalu suka kalau di masukin daging tetelan, Lebih pas kalao si daging di bikin empal goreng dan sambel, waaaa saya bisa nambah.

Oia, Sayur lodeh ini banyak banget versi nya. Kalau saya memakan santan Kental dan air kaldu daging untuk campuran nya. Saya lebih suka versi mama saya ini. Dan saya nggak pernah mencampur cabe di bumbu halus, biasanya saya lebih suka menaro cabe utuh aja. Biasanya pas sudah di makan, baru si cabe saya pecah, buat saya itu lebih manteb rasanya.


Photobucket



Bahan – Bahan :
1500 ml santan cair
200 ml air kaldu
2 cm lengkuas, memarkan
100 gr labu siam, potong
300 ml santan kental
100 gr jagung potong-potong
75 gr kacang panjang, potong
Melinjo
daun melinjo
minyak secukupnya

Bumbu Halus :
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri, sangrai
1/2 sdt ketumbar, sangrai
2 sdt garam

Cara Membuat :
1. Rebus santan encer, air kaldu dan lengkuas sampai mendidih. Masukkan labu siam.
2. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan santan kental, kemudian masukan kedalam air santan encer
3. Masukkan jagung, melinjo,daun melinjo dan kacang panjang. Masak sampai matang.
Angkat dan sajikan.


Nasi hanget + Sayur Lodah + Empal Goreng + Sambel, udha pasangan yang paling klop banget nggak ada dua nya.
Photobucket
Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar