Kamis, 14 Februari 2013

Cilok "Chewy Ball"

Holla,,,,
Selamat tahun baru 2013,,
Udah lama banget Kertas Resep nggak pernah di Update,, soalnya Alhamdulillah, belakangan ini pesenan lagi ngga berenti-berenti nya,, dan waktu buat nyobain beberapa resep jadi suka nggak ada waktu. Hehehehehe,,,

Oia,, untuk mengawali Postingan di tahun 2013 saya mau nyoba resep yang gara-gara liat postingan nya Indah di Instagram bikin saya kabita merem melek mikirin nya, hehehe. CILOK,,, huaaaa kepengen banget deh. Jadi inget waktu awal bulan saya ngerjain Ulang tahun di Bandung, saya sama Sulis karyawan saya sempet bilang kepengen banget makan cilok, tapi nggak kesampean,,, 




Sempet googling beberapa resep, tapi masih kurang srek di hati *gayaaaaa*,,, trus keinget bebrapa hari sebelum nya saya ngerjain pesenan kelepon,, dan saya pikir tekstur si cilok kan kenyel-kenyel kayak kelepon,, naah kenapa nggak saya pake aja resep si kelepon, hihihi

Saya sengaja pake air kaldu untuk gantiin air anget, untuk dapet rasa yang gurih dari rasa sagu yang tawar itu, dan emang nggak salah,, rasanya enak banget,, bahkan walau nggak pake bumbu kacang nya

ini dia resep nya.



Bahan:
500 gr Sagu (saya pake sagu tani)
500 ml air kaldu hangat (saya pake air kaldu dari dengkul sapi favorit saya)
1 sdt garam
1 buah wortel parut (ini saya iseng masukin wortel,,, tapi umum nya sih pake daun bawang)

Saos:
200 gr kacang tanah (goreng)
5 buah cabe rawit merah
3 siun bawang putih
100 gr gula merah
air secukup nya

Cara buah
1. Campur sagu, garam, wortel parut, beri air kaldu hangat, ulinen sampai kalis
2. didihkan air,
3. Bentuk adonan bulat-bulat kemudian masukan ke dalam air mendidih, sampai adonan mengapung,, lakukan sampai adonan habis, angkat tiriskan

Untuk Saos
* Proses semua bahan di dalam blender sampai halus,,


Sajikan Cilok dengan saus kacang



Gampang banget kan,,, rasa nya?, kenyel-kenyel pedes, hehehe


Selamat mencoba..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar