Kamis, 15 Oktober 2009

Mini Croisant

Waktu hari sabtu jalan ke Pelangi,,, mampir lah kita ke Bread Talk,, trus si mas ngeliat Croissant yg di atas nya di lelehin cokelat gitu,,, kata si mas "Beli in dong",, tapi si bumil ini langsung bilang "Udah sini aku bikinin aja". hehehe,, Istri yang pelit atau emang kelewat kreatif ya?.. pokoknya inti nya demi cinta nya kepada sang suami,,, di bikin lah si Croissant ini. Tapi bikin nya versi mini aja (kalo di Bread Talk kan besar-besar),, jadi langsunh HAP gitu..

Bikin Adonan nya sendiri sih udah dari hari minggu (soalnya bikin adonan nya suka ngajak berantem, hehehee).. Naaa biasanya adonan Croissant itu kan bikin nya pake Korsvet (bukan korset yaa),, tapi si bumil ini rodo takut soalnya kan nda tau si Korsvet ini di bikin dari lemak apa ya????? (sama aja kayak klo lagi mikir gelatin itu dari lemak apa ya???).. tapi dapet resep dari temen nya si mama cara bikin si adonan Croissant yang nggak pake Korsvet sama sekali,, jadi di ganti pake butter,, okeeh bumil senaaang dwoong.

Setelah lama bikin dan nggak pernah di bagi,, yuk bumil kasih tau resep bikin si adonan Croissant nya,,,, ambil kertas dan pulpen yaa...

Bahan-Bahan:
1. 250 gram tepung teriku Cakra
2. 2 sdm gula pasir
3. 2 sdm susu bubuk
4. 7 gram ragi instant (tadi pake nya fermipan,,, di pake cuma setengah aja)
5. Air hangat secukup nya
6. 100 gram butter / margarin (tadi sih pake butter holman)

Cara buat nya:
Berhubung ini buat nya rodo susah dan lamaaaa (dan maafkan si bumil ini lupa memfoto car bikin nya,, besok-besok pas bikin lagi di foto deh)... jadi siapin banyak persediaan cemilan dan minum ya, hehehehehe.

1. Campur di dalam wadah : Terigu, susu, gula dan ragi, kemudian tuang air hangat perlahan sambil adonan du ulenin.. tanda adonan sudah jadi ya kalo si adonan udah nggak lengket lagi di tangan... kalo masih lengket car praktis nya tambahin terigu (bikin kue feeling nya mesti kuat kali yeeeeee)

2. Setelah adonan udah tidak lengket bulatkan dan tutup dengan kain yang lembab diamkan sekitar 1 - 11/2 jam (that's why diriku bilang siapkan banyak cemilan dan minuman, hehehe)

3. Setelah waktu yang lama itu,,, dan adonan udah mengembang, kempiskan si adonan (tinju aja pake tangan, hehehe), trus tutup lagi dengan si kain lembab itu, kemudian masukin ke kulkas selam 30 menit.

4. Setelah 30 menit,,, si adonan yg bulet itu,,, bikin kerat silang di ats nya pake pisau, kemudian lebarkan (bagian tengah nya mesti aga tebal ya),, kemudian nih, masukan margarin di tengah-tengah adonan (oia margarin nya kalo bisa bentuk jadi kotak yaaa, jangan kayak di olesin gitu).

5. Lipat si adonan dari ujung ke tengah jadi kayak amplop, setelah itu masukan dalam plastik dan dingin kan lagi di kulkas selama 1 jam (onde mande lama nyaaaa).

6. Setelah 1 jam, kluarkan adonan. di tempat datar beri taburan terigu,, kemudian taruh si adonan, pukul-pukul kemudan giling si adonan (tapi jangan tipis-tipis giling nya,,, setalah itu lipat lagi si adonan jadi tiga (kayak ngelipet kertas yang jadi 3 itu loh). setelah itu giling lagi si adonan,, trus lipet 3 lagi, kemudian masukin plastik lagi dan masukan ke dalam kulkas selama 30 menit.

7. Setelah 30 menit, keluarkan adonan, dan lakukan lagi tahap 6 di atas ya,,, setah itu bungkus dengan plastik lagi dan masukan kulkas lagi selama 1 jam.

8. Naaaah,, akhirnya selesai deh. ini si adonan udah jadi deh,, Sekarang tinggal suka-suka kita gimana mau mengkreasikan nya.. Kadang bumil isi pake daging cincang yang udah di tumis, atau di isi sosis, bahkan di bikin pie. yaa, sekreatif kita aja deh pokok nya.

Karena kali ini judul nya Croissant cokelat, yuk bumil kasih tau cari nya...

Bahan-Bahan:
1. Adonan Croissant
2. Dark/Milk Chocolate
3. Keju (potong-potong)

Cara Bikinnya:

1. Ambil adonan Croissat, giling dengan ketebalan 0.3 cm, kemudian bentuk segitiga. setelah itu di ujung nya bumil isi pake keju leleh, trus gulung si adonan.

2. di ujung-ujung nya bentuk tanduk.



3. Panggang adonan dengan suhu 180 derajat selama kurang lebih 1/2 Jam (atau sampai matang)


4. Potong-potong Milk/dark Chocolate kemudian tim di atas api.

5. Celupkan Croissant ke dalam lelehan cokelat,lakukan sampai semua croissant habis, kemudian masukan croissant kedalam kulkas untuk membekukan cokelat

Taraaaa,,, jadi deh si mini croissant cokelat ala bumil, hehehehe...




Hohohohho,, tadi si mas udah makan di rumah,, trus di bekel ke kantor, soalnya udah janji juga sama temen kantor nya si mas mau di bawain si Mini Croissant ini)

Boleh looow di coba,,,, Dan ingat ya,, sedia in cemilan yang banyak kalo mau bikin si adona Croissant.. hehehhee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar